9 Faktor Penyebab Rambut Kering dan Bercabang

Tips kecantikan rambut – Memiliki rambut sehat adalah hal yang di dambakan oleh semua orang karena rambut juga aset penting bagi mereka agar bisa tampil gaya. Banyak sekali oreang orang ingin rambut mereka sehat namun terkadang hal tersebut sulit untuk didapatkanidak semua orang pandai untuk merawat rambutnya. Untuk memiliki rambut yang sehat dan indah butuh perawatan yang rutin dan teratur dan tentunya tidak berlebihan agar kondisi rambut tidak rusak dan tetap selalu sehat. Rambut rusak bisa disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi sehingga rambut bisa menjadi kering dan rusak. Oleh sebab itu pentingnya menjaga rambut sangat dianjurkan agar rambut tidak mengalami kerusakan.

Kerusakan pada rambut banyak jenisnya dan salah satunya yaitu rambut menjadi kering dan mengembang, rambut rontok, bercabang, dan masih banyak lagi. Namun semua itu bisa diatasi asal anda tahu awal mula penyebabnya, karena hal tersebut akan mempermudah kita untuk mencari solusi tepat mengatasinya. Untuk pembahasan kali ini informasi kecantikan akan membahas tentang faktor yang menyebabkan rambut kering serta rambut bercabang. Anda bisa menyimak beberapa faktor berikut ini dan hal hal yang mempengaruhinya. Mungkin saja dari salah satu faktor anda sedang mengalaminya dan anda juga bisa mencari solusi rambut kering dan solusi rambut bercabang.

9 Faktor Penyebab Rambut Kering dan Bercabang

Faktor Penyebab Rambut Kering dan Bercabang

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami rambut kering dan bercabang, diantaranya :

1. Menyisir rambut masih basah

Ketika seseorang menyisir rambut mereka namun rambut masih dalam kondisi basah, hal tersebut bisa merusak rambut. Agar tidak terjadi kerusakan pada rambut usahakan untuk mengeringkan rambut terlebih daluhu sebelum disisir.

2. Kesalahan saat mengeringkan rambut

Ketika anda selesai mandi dan rambut anda basah sebaiknya anda jangan mengeringkan rambut dengan cara menggosok dengan handuk, karena hal tersebut bisa membuat rambut menjadi rusak hingga menimbulkan kerontokan pada rambut. Agar rambut anda tidak mengalami kerusakan sebaiknya anda cukup menekan rambut menggunakan handuk.

3. Terlalu sering terkena sinar matahari

Banyak sekali kasus yang terjadi akibat sering terkena sinar matahari dan salah satunya rambut menjadi rusak. Agar rambut anda tetap dalam kondisi sehat sebaiknya anda jangan terlalu lama dibawah terik matahari atau anda bisa menutupi rambut anda agar tetap terlindungi.

4. Kesalahan menggunakan hairdryer

Rambut bisa rusak karena bisa disebabkan oleh kesalahan saat menggunakan hairdryer yang terlalu panas, hal tersebut bisa mengurangi kelembaban rambut. Agar rambut anda tidak rusak sebaiknya anda bisa menggunakan hairdryer dengan suhu rendah saja.

5. Kesalahan memilih shampo

Setiap orang memiliki tipe rambut yang berbeda dan untuk pemilihan shampo maka anda bisa mencari jenis shampo yang cocok untuk jenis rambut anda. jika anda sampai salah memilih jenis shampo maka hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut anda. sebelum memilih shampo sebaiknya nda mengerti tentang jenis rambut anda dan usahakan memilih shampo yang tidak telalu banyak mengeluarkan busa karena jenis tersebut juga tidak baik untuk kesehatan rambut.

6. Mengucir rambut

Salah satu yang dapat merusak rambut adalah kebiasan orang mengucir rambut mereka, memang mengucir rambut bisa menjadikan rambut tampak cantik. Agar rambut anda tidak rusak sebaiknya anda jang terlalu sering mengucir rambut, apalagi rambut anda dalam kondisi basah. Hal tersebut bisa membuat rambut anda rusak dan patah.

7. Menggunakan pewarna rambut

Dari sebagian banyaknya orang, mereka menganggap bahwa menggunakan produk pewarna rambut bisa membuat rambut mereka akan tampak lebih indah. Tetapi hal tersebut adalah anggapan yang bisa berujung pada kerusakan rambut karena pewarna rambut mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan rambut. Nah sebisanya anda jauhi pewarnaan rambut agar rambut anda tetap dalam kondisi sehat.

8. Jarang olahraga dan minum air putih

Ketika seseorang jarang berolahraga serta mereka jarang meminum air putih hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh menjadi tidak sehat dan membuat rambut juga tidak sehat. Agar kondisi rambut anda tetap sehat sebaiknya anda sering melakukan olahraga dan jang lupa untuk sering meminum air putih.

9. Kurangnya asupan nutrisi

Rambut bisa menjadi rusak karena disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi untuk rambut. Agar asupan nutrisi terpenuhi cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi vitamin yang baik, anda bisa mengkonsumsi jenis vitamin A, B kompleks dab vitamin E serta asam polat dan masih banyak lagi.

Baca juga : 5 cara alami melembutkan rambut dengan cepat

Nah itu tadi 9 faktor penyebab rambut kering dan rontok yang bisa anda ketahui dan anda bisa mencari solusi untuk setiap keluhan pada rambut anda. masih banyak lagi hal yang perlu anda ketahui tentang tips rambut dan solusinya, anda bisa mengikuti artikel ini karena masih banyak artikel lain yang membahas tentang rambut dan tips kecantikan lainnya. Sekian dari artikel ini dan semoga memberi manfaat untuk anda semua.