Bagi Pengguna Earphone, Akan Mudah Terkena Tinnitus

Bagi setiap orang menyukai hal bernuansa musik, apa lagi mendengarkan langsung musik dari handphone genggam milik sendiri. Cukup bermodal earphone kita sudah dapat mendengarkan secara jelas musik dari handphone kita.

Tapi tahukah kalian?, bahwa keseringan menggunakan earphone atau semacamnya dapat memberikan resiko terkena penyakit tinnitus. Hal ini dijelaskan oleh konsultan sekaligus dokter bedah spesialis THT di Rumah Sakit Aster CMI, dr Girish Anand.

“Kebiasaan mendengarkan musik dengan keras menggunakan perangkat seperti earphone bisa menyebabkan gangguan pendengaran tinnitus, tergantung dari intensitas dan frekuensi suaranya,” ujarnya yang dikutip dari Times of India.

Gejala di timbulkan oleh tinnitus

Bagi diri kita dimana sering menggunakan earphone ketika dalam berteleponan, atau pun mendengarkan musik, akan sering mengalami gejala seperti munculnya bunyi dengungan pada telinga, mendesis. Pada tingkat gejala parah akan menyebabkan kecemasan, depresi, mudah marah, gangguan tidur serta stres.

Ternyata tinnitus juga sering dikaitkan pada resiko tekanan darah tinggi, penyebab tumor dikepala, penyumbatan di pembuluh leher, neuroma akustik (tumor di daerah otak dengan permasalahan dengan pendengaran).

“Jika ini tidak diatasi secepatnya, bisa merusak saraf secara permanen. Saat tinnitus tidak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan suara yang mengganggu di telinga secara permanen. Selain itu, suara yang ditimbulkan bisa menyebabkan frustasi pada yang mengalaminya,” ujar dr Santosh S, salah satu konsultan senior THT di Columbia Asia Hospital Hebbal.

Pencegahan : dapat dilakukan dengan menghindari paparan langsung akan suara keras, jauhi kafein, serta nikotin. Adapun cara dapat digunakan adalah menggunakan headphone, karena suara tidak akan langusung menekan kegendang telinga.

Semoga informasi berita ini dapat membantu kita untuk mengetahui akan bahaya penggunaan earphone bagi diri kita.- NatBeauty