Bahayakah Menggoreng Kol? Berikut Ini Informasi Terkait Hal Tersebut

Nama seperti kubis, kol, kobis, atau pun kol kobis bulat adalah tanaman dua tahunan hijau atau ungu, serta berkaitan erat dengan tanaman lainnya seperti berokoli, kembang kol, dan kubis brusel.

Tentunya sayuran ini selalu berhubungan dengan cara memasaknya. Dan ternyata kol yang digoreng ini memiliki dampak bagi tubuh kita.

Berikut informasi terkait hal tersebut

Tentunya dengan cara masak yang berbeda-beda akan memberikan dampak baik dan buruk, serta manfaat kol tersebut akan berbeda-beda. Banyak dari kita selalu memasak kol ini dengan cara yang berbeda-beda, salah satunya dengan mengoreng kol tersebut.

Apakah dengan menggoreng kol dapat memberikan dampak yang baik dan buruk bagi tubuh kita?. NatBeauty akan membagikan informasi tentang menggoreng kol, tentunya dari berbagai sumber.

Sesuatu yang kita konsumsi baik sayuran atau olahan makanan lainnya, apa bila dimasak dengan cara yang salah maka manfaat kandungan di dalam olahan tadi akan berkurang, seperti itu juga dengan mengoreng kol.

Bagi penggemar kol, ditiap-tiap orang pasti berbeda-beda dalam cara mengkonsumsinya. Baik dikonsumsi dengancara mentah, dimasak, direbus, dikukus, ataupun menggorengnya. Dan perlu diingatkan bahwa kandungan pada kol akan berbeda dengan cara kita mengolahnya untuk di konsumsi.

Apakah kol yang digoreng mempunyai dampak baik atau buruk?

Apakah memiliki dampak baik atau buruk?

Pada tiap olahan makanan apa pun akan memberikan dampak pada tubuh kita, baik itu makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, santan yang penuh dengan lemak, serta berbagai minuman manis maupun bergas.

Kembali pada cara kita mengolah makanan tersebut, menggoreng kol?. Faktanya tidak hanya kol, semua makanan yang digoreng akan merangsang munculnya senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik. Karena kandungan ini dapat memicu kanker pada tubuh kita.

Dan untuk anda yang sangat suka menggoreng kol, maka anda dapat mencoba mengolah kol dengan cara aman seperti berikut:

  • Selalu mengontrol suhu serta jenis minyak.
  • Mengoreng tanpa minyak, maksudnya menggunakan bahan lain seperti (memanggang dan dilanjutkan dengan membakarnya dengan mentega sehat, menggunakan alat memasak bernama air fryer).
  • Hindari penggunaan minyak bekas.
  • Jangan menggoreng dengan waktu lama (dianjurkan hanya sebentar)

#Apa saja dampak dari menggoreng kol

Apa saja dampak dari hal tersebut?

Tidak hanya menggoreng kol saja, tapi dengan mengkonsumsi kol tanpa secara berlebihan dapat membuat perut menjadi kembung.

Sejumlah pakar gizi juga mengatakan itu memang sudah sering terjadi, pasalnya kol memang dapat menghasilkan gas dan membuat seseorang menjadi kembung apabila di konsumsi terlalu, begitu juga dengan menggoreng kol.

Menurut Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada setiap 100 gr kembang kol mentah, mengandung:

  • 25 Kalori.
  • 5 gr Karbohidrat.
  • 3 gr Serat.
  • 2 gr Gula.
  • 30 mg Natrium.
  • 1 gr Protein.

Selain itu kol juga mengandung riffinose yang lumayan tinggi, sifat ini sulit untuk di cerna oleh organ dalam tubuh kita yaitu lambung, akhirnya menyebabkan kembung.

Selain membuat perut kembung dengan cara sering mengkonsumsi kol mentah, kol juga bisa mengganggu penyerapan yodium.

Hal itu dikarenakan didalam kol tersimpan zat kimia bernama Goitrogens. Dimana dapat memberikan dampak tidak sehat seperti mengganggu penyerapan yodium pada tubuh kita. Hal itu baru akan terjadi apabila mengkonsumsi kol dalam keadaan mentah, sebaliknya kol belum digoreng.

” Jika dimasak, senyawa itu akan hancur dan tidak ada masalah untuk makan kol,” ucap Matthew. Tidak hanya pada kol, senyawa tersebut pun terdapat pada macam-macam tanaman sayuran lainnya seperti brokoli, kubis, lobak, kacang, kedelai, bayam, kangkung.

Tentunya tiap-tiap makanan memiliki dampak sendiri-sendiri baik itu buruk atau pun baik bagi kesehatan tubuh kita, dan baik itu di olah dengan cara digoreng, kukus, rebus, mentah, atau pun di masak. Begitu juga dengan menggoreng kol.

#Dampak menggoreng kol

Menggoreng kol dengan cara yang salah akan memberikan dampak yang berbeda di bandingkan dengan cara yang benar, apa saja dampak menggoreng kol?.

Berikut ini beberapa dampak dari menggoreng kol yang berhasil honkagaku dapatkan dari beberapa sumber, dan rangkum untuk kesehatan para pembaca kami.

  • Dapat memicu kanker.
  • Menyebabkan obesitas.
  • Akan rentan terkena stroke.
  • Kesehatan kulit terganggu.
  • Resiko penyakit jantung.
  • Kembung pada perut.
  • Mengganggu penyerapan yodium tubuh.
  • Kalori pada kol goreng menjadi lebih tinggi.
  • Merusak kandungan nutrisi pada kol tersebut.

Itulah informasi tentang menggoreng kol dimana berhasil kami rangkum untuk para pembaca kami. Semoga informasi menggoreng kol ini dapat membantu kita dalam mengolah kol dengan baik tanpa harus merusak kandungan pada kol tersebut.- NatBeauty