Berikut Penjelasan Singkat Tentang Asam Urat

Asam urat banyak dari kita belum mengetahui secara pasti apa itu asam urat?. Baik itu penyebab dan mengapa bisa muncul asam urat pada diri kita!.

Baiklah berikut penjelasannya:

Informasi tentang asam urat

Apa itu asam urat?

Asam urat adalah sebuah senyawa turunan purina  dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L).

Penyakit asam urat muncul pada tubuh akibat dari mengkonsumsi zat purin secar berlebihan, purin sendiri diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Tetapi apabila kadar asam urat dimana terdapat pada tubuh mengalami kadar berlebihan, secara otomatis fungsi ginjal tidak mampu mengeluarkan kristal pada asam urat akhirnya menyebabkan terjadinya penumpukkan pada persendian.

Akibat dari penumpukan tersebut dapat mengakibatkan rasa nyeri, bengkak, meradang pada setiap persendian.

Asam urat merupakan penyakit pada tubuh kita dari hasil sisa metabolisme purin, dimana berasal dari sisa konsumsi makanan kita. Ternyata zat purin ini berasal dari hampir setiap bahan makanan kita, dimana bahan makanan itu adalah mahluk hidup seperti (unggas,hewan ternak, serta pada mahluk hidup air lainnya).

Dengan kata lain setiap dalam tubuh mahluk hidup terdapat zat purin pada diri mereka. Selain pada mahluk hidup ternyata zat purin juga terdapat pada sayur serta buah-buahan.

Purin juga dapat muncul akibat terjadinya perusakan sel-sel pada tubh kita, dimana terjadi secara normal atau karena suatu penyakit. Biasanya mereka dengan usia terbilang sudah berumur (tua) sering terserang penyakit asam urat ini dimana terjadi penumpukan purin pada tubuh mereka. – NatBeauty