Depresi! Ada Berapa Macam dan Jenis Pada diri Kita

Pernahkah kalian mengalami gangguan depresi?, apakah kalian belum mengetahui depresi itu seperti apa!.

Pembahasan tentang macam serta jenis depresi

Depresi itu sendiri adalah suatu keadaan medis seseorang dimana sedang merasakan kesedihan pada dirinya, Kondisi tersebut lalu berdampak dalam pikiran negatif dalam pola pikirannya, perasaan, kesehatan dan mentalnya.

Tapi perlu diingatkan bahwa, dimasing-masing jenis ini terdapat variasi dalam jumlah taraf keparahan dan gejalan menetap. Terkadang terdapat pula disparitas dalam cara individu mengekspresikan atau mengalami depresi menurut usia dan jenis kelamin.

Pada dasarnya gangguan depresi ini terdiri dari berbagai macam gangguan, pada setiap orang akan memiliki beberapa macam gangguan berbeda-beda pada diri mereka tergantung tingkat depresi mereka sendiri.-

Macam-macam jenis gangguan depresi

#1 Gangguan depresi berat

Pada mereka dimana memiliki gangguan depresi berat atau biasa dikenal depresi unipolar, akan berlangsung usang setidaknya selama beberapa minggu berturut-turut.

Hal ini bisa dicermati menurut suasana hati dimana akan mudah murka , akibatnya akan mengganggu kemampuan buat berkerja, tidur, makan, bahkan buat menikmati aktivitas yang menyenangkan sekali pun.

#2 Gangguan depresi bipolar (depresi manik)

Gangguan depresi bipolar biasa dikenal manik-depresi atau manik-manik merupakan suatu syarat seseorang atau meliputi suatu grup dengan konflik gangguan dalam mood.

Untuk gangguan bipolar ini melibatkan manik (suasana hati dimana terlalu bersemangat atau mudah tersinggung), atau hampir manik-manik. Merupakan tipe berulang, kadang-kadang suasana hati bisa berubah dramatis

Pada saat seseorang sedang terjadi siklus depresi , orang tersebut akan mengalami salah satunya atau semua gejalannya. Pada gangguan ini sering mempengaruhi pemikiran, penilaian, serta perilaku sosial dengan cara menyebabkan masalah serius dan malu.

#3 Gangguan depresi persisten (dysthymia)

Untuk gangguan depresi persisten, jenis depresi ini terbilang kurang paham akan tetapi tingkat gangguannya akan lebih tahan lama di bandingkan dengan depresi berat.

Hal ini karena melibatkan gejala-gejalan jangka panjang (kronis) dimana tidak akan melumpuhkan, tetapi bersifat mencegah seseorang terkena dampak fungsi dari kemarahan atau merasa baik.

Tapi terkadang seseorang dengan gangguan ini sering mengalami gangguan depresi berat, malahan untuk depresi ini sering di sebut sebagai depresi ganda.

Baca juga artikel lain: Ternyata para dokter kulit satu pendapat, inilah alasannya..

Pada beberapa orang akan memiliki beberapa macan gejala pada diri mereka, dan tentunya gangguan terbut akan berbeda beda tipe gangguannya. Berikut jenis gejala gangguan depresi serta tipe gangguannya.

Gejala pada gangguan depresi seseorang

Gejala depresi berat atau manik-manik

  • Apatis atau kurang motivasi.
  • isolasi sosial adalah menghindari interaksi dengan keluarga dan teman.
  • Gelisah, mudah tersinggung.
  • Pikiran tentang kematian atau bunuh diri.
  • Gejala fisik seperti sakit kepala berulang-ulang, gangguan pecernaan, nyeri kronis.
  • perasaan putus asa atau pesimisme.
  • Perasaan sedih, cemas, marah, ketidakpuasan , kekosongan dimana terus menerus.

Gejala mania dari depresi manik

  • Insomnia untuk kebutuhan tidur menurun.
  • Peningkatan kecepatan bicara serta volume nada bicara.
  • Berpikir cepat.
  • Penilaian buruk.
  • Prilaku sosial tidak pantas.
  • Peningkatan hasrat sexsual.
  • Kegimbaraan atau suasana hati tidak pantas serta berlebihan.
  • Kemarahan atau Marah berlebihan serta melebihi batas wajar.

Semoga dengan mengetahui informasi ini dapat mebantu kita dalam mengatasi gangguan depresi pada diri kita.- NatBeauty