Informasi Seputar 14 Khasiat, Bahkan Ada 10 Manfaat Dari Tanaman Sirih!

Banyak yang bertanya, Herbal? apakah itu?

Herbal? apakah itu, dan bergunakah untuk kesehatan tubuh kita dan apakah berbeda dengan minuman diet untuk tubuh ideal wanita. Jadi apakah manfaat kesehatan yang akan didapatkan dari tanaman herbal ini yaitu tanaman sirih atau dikenal dengan bahasa lokal daun sirih?.

Dan ternyata ada 10 manfaat lain dari tanaman ini?

Sumberfoto :https://www.liputan6.com

NatBeauty akan membagikan beberapa informasi kesehatan tentang manfaat tanaman sirih ini, dimana dapat anda gunakan serta manfaatkan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada kesehatan sehari-hari anda. Baiklah inilah beberapa informasi tentang tanaman sirih atau daun sirih ini.

Beberapa informasi tentang daun sirih

Sumberfoto :https://health.detik.com

Tentang tanaman sirih (daun sirih)

Sebelum anda membagikan informasi tentang kesehatan yang berhubungan dengan sirih ini ada baiknya anda mengenali tentang informasi dari tanaman sirih ini, terus bagaimanakah cara mengetahui informasi tentang tanaman ini!. Berikut informasi tentang daun sirih ini.

Sirih merupakan sebuah tanaman asli yang berada di Negara Indonesia, tanaman ini sendiri dapat tumbuh dengan cara merambat ataupun bersandar pada batang pohon dari tanaman lain.

Perlu anda ketahui bahwa sirih atau daun sirih sering digunakan di Indonesia, ada sebuah tradisi dimana masyarakatnya akan menguyah sirih dan ada campuran bahan lain yang digunakan sebelum mengunyah sirih yaitu bahan dari gambir, pinang, tembakau serta kapur.

Tapi ternyata tradisi ini pernah dikaitkan dengan sebuah penyakit bernama kanker mulut serta pembentukan squamous cell carcinoma yang mana mempunyai sifat malignan. Serta untuk bahan seperti kapur ternyata juga memberikan dampak seperti pengerutan pada bagian gusi gigi, dan akhirnya akan membuat gigi menjadi tanggal.

Walaupun begitu ternyata pada daun sirih terkandung antiseptik yang mana dapat mencegah gigi berlubang, selain itu sirih juga sering dijadikan sebagai tanaman herbal atau tanaman obat dalam menyembuhkan berbagai masalah kesehatan terutama pada berbagai macam penyakit.

Kita mesti bangga karena di negara Indonesia kaya akan tanaman herbal, dan tanaman sirih sendiri merupakan flora khas terutama di Provinsi Riau. Bagi masyarakat Riau ada sebuah tradisi yang mana sangat menjunjung tinggi akan tradisi makan sirih, khususnya pada saat acara penyambutan tamu di provinsi tersebut.

Informasi tentang cara mengenali ciri-ciri tanaman sirih

Informasi berikutnya adalah bagaimana mengenali ciri-ciri dari tanaman sirih baik itu bagian batang, daun, bunga ataupun buah dari tanaman tersebut?.

Berikut informasi seputar cara mengenali bagian batang, daun, bunga atau buah dari tanaman herbal bernama sirih:

  • Tanaman ini merupakan tanaman merambat dan dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 15m.
  • Batang sirih memiliki warna coklat kehijauan dan berbentuk bulat, beruas yang mana merupakan bagian akar yang akan keluar.
  • Daun sirih adalah daun tunggal mempunyai bentuk jantung, pada bagian ujung daun runcing, dan tumbuh berselang-seling, bertangkai dan memiliki aroma yang sedap apabila digenggam atau remas.
  • Panjang daun sirih dapat mencapai panjang 5-8 cm dan lebar daun sirih 2-5 cm.
  • Pada bagian bunga sirih merupakan bunga majemuk berbentuk bulir serta ada daun pelindung dengan ukuran kurang lebih 1mm danb bulat panjang.
  • Serta mempunyai 2 bulir yaitu jantan dan betina, pada bagian bulir jantang mempunyai panjang 1,5-3 cm dan ada 2 benang sari. Sedangkan oada bulir betina mempunyai panjang 1,5-6 cm dimana terdapat kepala putik 3 s/d 5 buah berwarna hijau kekuningan dan putih.
  • Untuk buah tanaman sirih itu sendiri memiliki bentuk bulat dan mempunyai warna hijau keabu-abuan.

Informasi tentang kandungan dan manfaat tanaman sirih

Masuk kebagian yang mana berhubungan dengan kesehatan, dan setelah anda mengetahui ciri-ciri dari tanaman ini. Berikutnya adalah beberapa kandungan apa saja yang terdapat pada tanaman ini.

Pada daun sirih ternyata terdapat minyak yang dikenal dengan nama minyak atsiri, minyak atsiri ini sendiri mengandung minyak terbang (betlephenol), diatase, pati, seskuiterpen, zat samak, gula dan kavikol. Minyak ini mempunyai kegunaan dimana memiliki daya untuk membuat mati kuman, ada pun kandungan seperti antioksida dan fungisida serta anti jamur.

Jadi ini lah beberapa informasi tentang kesehatan sirih yang anda tunggu-tunggu, daun sirih mempunyai beberapa manfaat kesehatan diantaranya adalah mengatasi bau badan, menyembuhkan luka, masalah kesehatan pada pencernaan.

Adapun manfaat kesehatan lainnya pada sirih diantaranya adalah bersifat mengerutkan, dapat mengeluarkan dahak, meluruhkan air ludah atau ludah serta menghentikan pendarahan.

Pada bagian menghentikan pendarahan adalah sering digunakan untuk mengatasi mimisan, dimana dilakukan dengan cara mengambil 2 lembar daun sirih lalu digulung dan dimasukan ke lubang hidung pada saat terjadi mimisan pada hidung.

Sirih sebagai obat herbal

Setelah mengetahui beberapa informasi tentang sirih, baik itu tentang batang sirih, daun sirih, bunga serta buah dari sirih, kali ini adalah tentang khasiat obat herbal menggunakan tanaman herbal dari sirih.

Berikut ini 14 khasiat kesehatan yang akan anda dapatkan jika menggunakan obat herbal dari tanaman sirih atau daun sirih:

  1. Dapat mengobati batuk.
  2. Dapat mengobati sariawan.
  3. Dapat mengobati bronchitis.
  4. Dapat mengobati jerawat.
  5. Dapat mengobati keputihan.
  6. Dapat memgobati sakit gigi.
  7. Dapat mengobati demam berdarah.
  8. Dapat mengobati bau mulut.
  9. Dapat mengobati haid tidak teratur.
  10. Dapat mengobati asma.
  11. Dapat mengobati radang tenggorokan (daun dan minyak).
  12. Dapat mengobati gusi bengkak.
  13. Dapat digunakan untuk membersihkan mata.
  14. Dapat digunakan untuk bau ketiak.

Selain mengobati beberapa penyakit yang disebutkan diatas, anda pun dapat menggunakan untuk pemakaian luar seperti berikut ini 10 manfaat lain dari daun sirih .

  1. Digunakan untuk pengobatan eksem.
  2. Digunakan untuk luka bakar.
  3. Digunakan untuk korengan.
  4. Digunakan untuk kurap bagian kaki.
  5. Digunakan untuk bisul.
  6. Digunakan untuk mimisan.
  7. Digunakan untuk sakit mata.
  8. Digunakan untuk pendarahan gusi.
  9. Dapat digunakan untuk mengurangi produksi ASI yang berlebih.
  10. Digunakan untuk mengatasi gatal.

Kesimpulan

Perlu diingatkan bagi anda yang lebih memilih pengobatan menggunakan bahan herbal untuk bersikap bijak, maksud bijak disini adalah menggunakan obat herbal jangan langsung menggunakan 2 hingga 3 macam obat herbal secara bersamaan.

Apabila anda lebih suka menggunakan pengobatan herbal maka gunakanlah satu pengobatan terlebih dahulu lalu beralihlah jika pengobatan pertama tidak memberikan khasiat yang diinginkan.

Dan sebelum anda beralih pengobatan herbal, istirahatkan dulu tubuh anda dalam waktu beberapa hari, hal ini berguna agar kandungan herbal yang ada pada tubuh akibat menggunakan pengobatan herbal benar-benar sudah hilang barulah anda mencoba pengobatan herbal lainnya.

Baca juga artike lain:Tanaman bayam liar (berduri) ini ternyata bagus untuk demam.

Baca juga artike lain : 3 Jenis tanaman ini ternyata ampuh untuk menjaga kecantikan wajah.

Itulah beberapa informasi tentang tanaman herbal bernama sirih, dimulai dari informasi tentang batang sirih, daun sirih, bunga serta buah sirih. di antaranya adalah 14 khasiat bagi kesehatan serta 10 manfaat lain dari daun sirih.

Semoga informasi tentang minuman kesehatan ini dapat membantu anda dalam mengatasi berbagai macam penyakit ringan yang mungkin anda deritakan – NatBeauty