Informasi Tentang Cara Mengenali Istilah Kata Dipandemi Covid-19

Covid-19 masih mengintai kesehatan tubuh kita, seperti halnya banyak sekali kejadian yang telah terjadi hampir di setiap belahan dunia. Dan tentunya karena wabah virus ini muncul beberapa istilah kata atau pun kalimat seperti ODP, PDP, OTG!.

Sebagi informasi mengenali istilah kata yang muncul dipandemi covid 19, berikut ini beberapa informasi tentang istilah kata ataupun singkatan kalimat yang sedang menjadi pembicaraan di Indonesia. Bahkan istilah itu pun sudah menyebar ke berbagai jejaringan sosial bahkan pembicaraan  masyarakat Indonesia.

Berikut ini beberapa istilah dipandemi covid-19

Mungkin sebagian kita sering mendengan atau menggunakan kata kata ODP, PDP, OTG pada pandemi covid 19, sekedar mengingatkan mungkin sebagian menurut kita masih belum mengetahui istilah-kata kata ataupun singkatan kalimat ini?.

Arti dan makna dari istilah dipandemi covid-19

Berikut ini cara mengenali arti kata serta makna dari setiap istilah kata pada musim pandemi covid 19:

  1. PDP (Pasien dalam pengawasan)
    • Merupakan istilah kata yang merujuk pada arti seseorang atau pun pasien yang sedang dalam peroses pengawasan, dimana hanya menunjukkan gejala covid 19 seperti demam dan gangguan pernapasan.
  2. ODP (Orang dalan pengawasan)
    • Merupakan istilah kata yang memberikan arti dan makna pada seseorang atau pasien yang menunjukkan banyak gejala covid 19 seperti batuk, gangguan  pernapasan, pilek serta sakit tenggorokan.
  3. OTG (Orang tanpa gejalan)
    • Untuk istilah kata ini memberikan arti kepada seseorang atau pun pasien yang mana bermakna bahwa orang tersebut menderita covid 19, akan tetapi tidak menunjukkan gejala covid 19.
  4. PSBB (Pembatasan sosial berskala besar)
    • Istilah kata ini bermakna kebijakan yang diterapkan oleh beberapa wilayah guna menekan serta mencegah kasus penularan covid 19.
  5. Suspect
    • Istilah kata yang muncul serta memberikan arti kepada seseorang atau pun pasien yang menunjukkan gejala covid, hal tersebut terjadi karena sebelumnya melakukan perjalanan atau mendekati daerah yang sedang mengalami wabah covid 19.
  6. Social distancing
    • Istilah kata yang muncul pada pandemi covid 19 yang mana memberikan arti akan suatu tindakan yang dilakukan, dengan cara memberikan suatu batas tertentu kepada seseorang ketika berbicara dengan lawan bicaranya serta menghindari keramkaian.
  7. Physical Distancing
    • Istilah kata yang muncul pada pandemi covid 19 dimana mempunyai arti yang hampir sama dengan social distancing. hanya saja jarak yang bisa disebut aman adalah 1 meter ketika berbicara dengan lawan bicara.
  8. Isolasi
    • Suatu istilah kata yang berarti kepada seseorang atau pun pasien covid 19 dengan cara memisahkan orang yang tidak sakit dan orang positif sakit (covid 19). Hal ini bermakna agar dapat mencegah serta mengatasi penyebaran covid 19.
  9. Karantina
    • Merupakan istilah kata yang dirujuk kepada seseorang atau pun pasien covid 19 yang terinfeksi virus akan tetapi tidak menunjukkan gejala covid-19. Biasa pasien diisolasi mandiri di area tempat tinggalnya selama 14 hari.
  10. WFH (work from home)
    • Istilah kata yang digunakan untuk seseorang agar melakukan aktifitas kerja dari rumah, hal ini mempunyai makna pencegahan akan pandemi covid 19.
  11. Rapid test
    • Merupakan istilah kata yang dirujuk untuk melakukan tindakan test secara cepat pada seseorang. Metode dibertujuan untuk mengetahui lebih awal akan masyarakat yang terinfeksi virus corona.
  12. Swab test
    • Merupakan istilah kata dunia medis yang berguna untuk mengetahui apakah tubuh seseorang memiliki virus corona. Pengujian biasanya dilakukan dengan cara pengambilan sempel berupa lendir dimana diambil pada bagian tenggorokan serta hidung.
  13. Lockdown
    • Istilah kata yang muncul dari sebuah tindakan suatu wilayah diberbagai negara dimana bertujuan untuk akses masuk serta keluar aktifitas masyarakatnya. hal ini bertujuan agar mencegah penyebaran serta penularan virus corona ini.
  14. Positif
    • Istilah kata ini tentunya sebagaian dari kita sudah mengetahui, betul sekali istilah ini berarti benar akan seseorang bahwa dia benar-benar positif menderita virus corona pada tubuhnya.
  15. Pandemi
    • Merupakan istilah yang bermakna bahwa virus corona ini menyebar diberbagai wilayah bahkan negara sehingga sulit untuk dikendalikan.
  16. Epidemi
    • Istilah satu inisedikit berbeda dengan pandemi, untuk epidemi mempunyai arti kata pada penularan atau infeksi virus corona ini sudah menyebar secara lebih luas.
  17. Herd immunity
    • Merupakanistilah kata yang merujuk pada sekelompok orang yang mana memiliki kekebalan terhadap virus corona. Hal inidapat terjadi karena pemberian vaksin kepada masyarakat luas.
  18. Local transmissions
    • Istilah kata yang dirujuk kepada pasien yang memberikan penularan pada wilayah yang merupakan tempat orang tersebut berada.
  19. Flattening the curve
    • merupakan istilah kata yang bermakna memperlambat penularan covid 19. Hal ini meliputi social distancing, physical distancing, isolasi, karantina serta peningkatan fasilias kesehatan.
  20. PCR (polymerase chain reaction)
    • Merupakan arti istilah yang bermakna sebuah teknlogi yang digunakan untuk mengecek DNA atau RNA virus yang terdapat pada tubuh anda.

Itu lah informasi tentang mengenali istilah kata yang muncul dipandemi covid 19. Semoga informasi mengenali istilah kata ini dapat membantu anda serta menambah informasi yang terkait dengan Covid-19.- NatBeauty