Inilah 18 Khasiat Dan Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Laban/Leben (vitex pinnata)

Berbeda dengan tentang batuk, atau pun penyebab diabetes, kali ini akan berbagi informasi seputar tanaman herbal, tentunya tanaman yang mana mengandung khasiat ataupun manfaatuntuk kesehatan anda. Beberapa waktu lalu di daerah tempat tinggal honkagaku yaitu Provinsi Bangka Belitung, kota Pangkalpinang terdengar kabar tentang informasi khasiat serta manfaat kesehatan dari tanaman bernama tanaman vitex pinnata ataudenganbahasadaerah tanaman laban/leben.

Tanaman ini ternyata mempunyai khasiat serta manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, bahkan selain bermanfaat untuk kesehatan hampir secara keseluruhan tanaman ini dapat dimanfaatkan pada tiap bagian-bagian dari tanaman laban/leben ini.

Berikut ini 18 khasiat dan manfaat kesehatan dari tanaman tersebut

Terus apasih manfaat & khasiat berdasarkan flora laban/leben (vitex pinnata) ini?

Informasi tentang khasiat dan manfaat tanaman laban/leben

Selain teh ada khasiat kesehatan lainya dari tanaman ini

Informasi singkat tentang tumbuhan laban/leben

Tanaman laban/leben dan dikenal dengan nama latin vitex pinnata merupakan pohon yg masih mempunyai hubungan famili dengan lamiaceae, & tanaman pohon ini sendiri berasal dari Asia Selatan & Asia Tenggara.

Tanaman ini sendiri sanggup tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 meter atau 1-tiga meter, tumbuhan ini sendiri memiliki kulit pohon yang berwarna abu-abu disertai warna kuning agak coklat. Dan buat pohon berdasarkan tanaman ini sendiri memiliki aroma khas.

Untuk flora laban/leben ini sendiri mampu tumbuh baik terutama pada hutan sekunder, tepi sungai, daerah sepanjang jalan, bahkan didaerah perkebunan.

Informasi mengenai kelebihan tanaman laban/leben

Seperti yg honkagaku sebukan diatas bahwa laban/leben ini memiliki beberapa khasiat serta manfaat yang bermanfaat buat kesehatan kita bahkan juga sanggup bermanfaat buat kehidupan!. Berikut ini beberapa warta tentang khasiat dan manfaat flora laban/leben buat kesehatan & kehidupan anda.

Tanaman laban/leben adalah flora yg mana daun dari tumbuhan ini bisa tahan terhadap api

Karena itu kebanyakan dari pemimpin-pemimpin tiap daerah pasti akan menyarankan tanaman laban/leben ini untuk ditanaman pada area serta lokasi tertentu, hal ini berguna untuk menghindari terjadinya pembakaraan liar. Apa bila terjadi pembakaraan liar maka tanaman ini dapat sedikit membantu dari penyebaran api yang cepat dihutan.

Tentang khasiat dan manfaat tanaman laban/leben untuk kesehatan

Kembali ke topik awal tentang manfaat dan khasiat dari tanaman laban/leben ini untuk kesehatan, pertama-tama informasi kesehatan untuk tanaman ini sendiri adalah bagian kulit dan pohon dari tanaman vitex pinnama (laban/leben). Untuk pohon atau batang pohon dari tanaman ini sering digunakan sebagai bahan dalam membangun rumah, dimana batang dari pohon ini lumayan kuat untuk digunakan sebagai material dalam membangun rumah.

Sedangkan untuk bagian kulit dari tanaman laban/leben itu sendiri biasanya digunakan untuk pembuatan teh, orang tua dulu sering menggunakan kulit dari tanaman ini sebagai minuman teh. Hal ini diutarakan oleh sebuah Penelitian Etnobotani dari Fakultas Kehutanan Universitas Tanjung Pura, Pontianak.

Dan tidak hanya sebagai bahan pembuatan teh yang dilakukan oleh orang tua dimasa lalu, bahkan hal ini pun masih berlaku hingga sekarang untuk orang-orang perdesaan (perdalaman). Laban/leben sendiri sering digunakan juga sebagai obat herbal oleh masyarakat perdesaan atau daerah yang mana masih mempunyai tingkat pertumbuhan hutan yang masih baik sebagai tempat tumbuh kembang dari tanaman tersebut.

Banyak sekali manfaat serta khasiat tanaman laban/leban yang berguna untuk kesehatan kita, bahkan suku asli yang sering menggunakan tanaman ini sendiri sudah membuktikan khasiat serta manfaatnya yaitu Suku Dayak Pangkoban diantaranya sebagai berikut ini.

  • Inilah 18 khasiat dan manfaat kesehatan tanaman laban/leben:
    1. Untuk menjaga tubuh tetap segar (stamina tubuh).
    2. Sebagai obat sakit perut.
    3. Sebagai obat sakit maag.
    4. Sebagai obat sakit kepala (Pening, pusing).
    5. Sebagai minuman (teh).
    6. Sebagai obat demam.
    7. Sebagai obat malaria.
    8. Sebagai obat batuk.
    9. Sebagai obat panas dalam.
    10. Sebagai obat sakit tenggorokan.
    11. Sebagai obat masuk angin.
    12. Sebagai obat kanker payudara.
    13. Sebagai obat encok.
    14. Sebagai obat penawar racun (kalajengking).
    15. Sebagai obat penambah nafsu makan.
    16. Disentri.
    17. Sebagai obat anti pembengkakan.
    18. Rhinitis.
  • Informasi tentang manfaat lain tanaman laban/leben
  1. Sebagai pertisida atau pengusir hama.
  2. Sebagai pengusir serangga (bug rapellent).
  3. Antifungsi.
  4. Antimikroba.
  5. Untuk mestruasi.
  6. Serta sebagai gynecology.
  • Informasi tentang kandungan senyawa pada tanaman laban/leben
  1. Senyawa Andrographolide : Sebagai anti-inflamasi, anticancer, antitumor.
  2. Senyawa Methyl p-Hidroxybenzoate : Sebagai anti jamur (makanan dan kosmetik).

#Kesimpulan

Pada setiap tanaman, baik itu tanaman yang sudah diteliti atau pun yang hanya diketahui sebatas pengetahuan umum (tanpa penelitian), belum tentu tidak mempunyai khasiat. Apa lagi pengetahuan umum (tanpa penelitian) itu sendiri disertai bukti (khasiat) yang sudah dirasa oleh orang awam.

Tidak ada salahnya mencoba sesuatu selama itu tidak memberikan efek samping, selama itu memberikan bukti yang baik untuk diri kita. Begitu juga tentang informasi tanaman herbal ini yaitu tanaman vitex pinnata atau dikenal tanaman bernama laban/leben.

Jadi itulah beberapa Informasi tentang khasiat dan manfaat tanaman laban/leben yang dapat anda ketahui dan tentunya tiap-tiap tanaman pasti mempunyai khasiat herbal dan manfaat yang baik untuk kesehatan kita, terutaman tanaman laban/leben yang dikenal dengan nama vitex pinnata ini.

Semoga informasi tentang khasiat dan manfaat dari tanaman laban/leben ini dapat membantu kita dalam berbagai permasalahan kesehatan yang sedang kita alami, baik itu tingkat penyakit yang berat atau pun penyakit ringan.- NatBeauty