Inilah 8 Nama Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Batuk

Pada kesempatan kali ini akan berbagi informasi seputar tentang tanaman herbal dimana memiliki manfaat untuk pengobatan suatu penyakit, dan sudah dari dulu selalu di gunakan di berbagai macam negara.

Berikut beberapa Tanaman Herbal tersebut :

#1 Kaki kuda

Berikut penjelasan informasinya

Tanaman herbal batuk pertama adalah tanaman kaki kuda atau biasa di kenal dengan nama pegagan, tanaman ini biasa tumbuh di wilayah seperti perkarangan rumah, perkebunan, tepi jalan, serta pematang sawah.Tanaman herbal batuk satu ini berasal dari asia tropik tersebar di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Dan juga memiliki beberapa nama pada tiap daerah Peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(Sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (Jawa), piduh (Bali), bebele (Lombok), sandanan (Irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis), Pigago (Minang), daun tapak kudo (solok), jelukap/jalukap (Kutai/Borneo).-

Manfaat lain dari tanaman kaki kuda selain sebagai tanaman herbal batuk adalah mengobati luka, demam, nafsu makan, sariawan, asma, wasir, perut kembung, Dll.

#2 Lidah buaya

berikut penjelasan informasinya

Tanaman herbal batuk kedua adalah Lidah buaya atau biasa di kenal dengan nama Aloe Vera, tanaman satu ini terkenal dengan manfaatnya sebagai salah satu bahan herbal untuk penyubur rambut, penyembuh luka, serta perawatan kulit.

Kandungan pada lidah buaya adalah sebagai berikut: enzim, asam almino, mineral, vitamin, polisakarida serta banyak lagi komponen bagi kesehatan.

#3 Bawang putih

Berikut penjelasan informasinya

Tanaman herbal batuk ketiga adalah bawang putih, memiliki nama Allium Sativum, dalam bahasa inggris garlic. adalah sebuah nama tanaman dari Genus Allium, dan merupakan dari umbi-umbian yang di hasilkan.

Umbi dari tanaman bawang putih ini merupakan salah satu bahan utama dalam bumbu dasar masakan Indonesia.

Pada kandungan bawang mentah memiliki senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia biasa dikenal sebagai alliin, karena itulah bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Manfaat dari bawang putih adalah  sebagai bumbu masakan, hampir ditiap-tiap negara, salah satunya Indonesia. Dapat juga digunakan sebagai obat penyakit kutil.

Dengan cara di geprek sampai halus lepas itu tempelkan pada bagian kutil serta ikat menggunakan kain, dan tunggu hingga beberapa menit. keesokan harinya kutil akan menghitam.

#4 Belimbing wuluh

Berikut penjelasannya

Tanaman herbal batuk keempat adalah belimbing sayur atau biasa kita kenal dengan nama yang sangat familiar adalah belimbing wuluh, selain kedua nama tersebut belimbing wuluh memiliki beberapa nama lain lo? yaitu belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi, atau belimbing asam.

Tanaman buah satu ini memilik bentuk pohon yang lumayan kecil da n berasal dari Maluku lalu di kembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri langka, Myanmar, dan Malaysia.

Tanaman ini biasa di tanam di perkarangan rumah dan sering di gunakan untuk bumbu masakan dan campuran ramuan jamu itu di karena rasa dari buah ini yang bisa di bilang asam.

Nama tiap-tiap daerah: Palembang(belembeng wuluh/besi), Bugis(celeneng), Aceh(limeng eungkot, boh limeng), Gayo(selemeng), Batak(asom, belimbing, balimbing), Nias(malimbi), Minangkabau(baliambing), Melayu(belimbing asam), Lampung(balimbing), Sunda(calincing, balingbing).

#5 Jeruk nipis

Berikut penjelasannya

Tanaman herbal batuk kelima adalah jeruk nipis dimana merupakan jenis tumbuhan dimana masih masuk kedalam suku jeruk-jerukan. Dan untuk wilayah penyebarannya adalan mencangkup wilayah Asia dan America Serikat.

Jeruk nipis juga biasa dikenal juga sebagai jeruk pecel, ternyata buah satu ini selain dapat digunakan sebagai minuman. Dapat juga digunakan untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.

#6 Kencur

berikut penjelasannya

Tanaman herbal batuk keenam adalah kencur, merupakan tanaman jenis empon-empon /tanaman obat dan tergolong dalam temu-temuan (Zingiberaceae), rimpang atau rizoma. Kencur sendiri mengandung minyak astiri dan alkaloid dimanfaatkan untuk stimulan.

Nama lain dari tanaman kencur: cekur(Malaysia), pro hom(Thailand). Pada pusaka internasional (Bahasa Inggris) sering terjadi kekacauan pada penyebutan kencur seperti lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary(temu putih) dan sebetulnya spesies berbeda. sumber

#7 Mengkudu

Berikut penjelasannya

sumber foto

Tanaman herbal batuk ketujuh adalah mengkudu dengan nama tiap daerahnya keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Betawi,Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan ach (Hindi).

Tanaman mengkudu ini biasa tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian pada 1500m, untuk ketinggian pohon mencapai 3-8 m, serta memiliki bongkol berwarna putih.

Pada masyarakat Aceh buah mengkudu biasa digunakan untuk sayur dan rujak. Untuk daunnya sering digunakan sebagai bahan nicah peugaga dimana sering digunakan disebagai menu wajib berbuka puasa, karena itu mengkudu ditanam pada setiap perdesaan di wilayah Aceh.

#8 Sambiloto

berikut penjelasan tanaman herbal batuk ini

Tanaman herbal batuk terakhir adalah tanaman sambilito selain biasa digunakan sebagai penyembuhan untuk mencegah pembentukan radang memperlancar air seni, menurunkan panas badan, obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun.

Tanaman ini memiliki banyak nama tiap daerah seperti: sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura), sedangkan nama asingnya Chuan xin lien (Cina).

Itulah informasi tanaman/buah dimana terdapat 8 nama tanaman Herbal.-NatBeauty