Inilah Informasi Penyakit Diabetes, Tanda, Jenis, Penyebab Diabetes Itu Sendiri

Penyakit diabetes atau biasa dikenal penyakit kencing manis pada orang Indonesia, banyak penduduk Indonesua terkena penyakit diabetes. Hal itu di sebabkan karena pola makan salah dan selalu kurang tahunya informasi penyebab munculnya penyakit diabetes ini.

Sebelum kita membahas penyebab penyakit diabetes ini, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal diabetes dan jenis diabetes serta tanda orang terkena penyakit diabetes. Berikut informasi singkat tentang diabetes, jenis diabetes serta tanda penderita diabetes.

Tentang diabetes

Penyakit diabetes atau biasa di sebut kencing manis, yaitu kandungan karbohidrat alamia dimana terdapat pada tubuh berfungsi sebagai sumber energi biasa dikenal dengan istilah glukosa. Biasanya glukosa dapat di temui pada minuman ringan dimana terdapat komposisi glukosa pada minuman ringan tersebut, selain pada minuman glukosa juga terdapat pada buah-buahan tertentu.

Kadar pada glukosa dikendalikan beberapa hormon, salah satunya hormon insulin. Insulin sendiri terbuat dari pankreas dimana pada saat kita makan pankreas akan membuat insulin dan mengirimkan sebuah pesan pada sel-sel lainnya. Begitu juga insulin akan memerintahkan sel-sel untuk mengambil glukosa dari darah.

Tanda diabetes

Bagi seorang penderita penyakit diabetes kita dapat melihat tanda-tanda diabetes pada dirinya dengan cara melihat perubahan pada keseluruhan tubuh si penderita. Hilangnya berat tubuh, polyuria(sering berkemih), polydipsia(sering haus), polyphagia(sering lapar).

Gejala akan sangat berkembang pesat beberapa minggu atau bulan pada tipe 1, sedangkan untuk tipe 2 akan sedikit lambat bahkan tanpa ada tanda-tanda.

Tanda penyakit diabetes meski pun tidak spesifik: pandangan kabur , sakit kepala, fatigue, penyembuhan luka lambat, gatal-gatal.

Jenis diabetes

Tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 biasanya akan menyerang pada anak hal itu di sebabkan kurangnya rasio insulin dalam siklus darah akibat hilangnya sel beta penghasil insulin. Pada penderita diabetes tipe 1 kondisi kesehatan tubuh akan terlihat baik begitu juga berat tubuh. sensitivitas maupun repon tubuh terhadap insulin akan bersikap normal, terutama pada tahap awal.

tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 merupakan diabetes melikus terjadi bukan karena disebabkan oleh insulin di dalam sirkulasi darah. Melainkan karena kelainan metabolisme dimana menyebabkan banyak mutasi pada gen, termasuk mengekspresikan disfungsi sel b (sel beta), gangguan sekresi hormon insulin.

Tentunya kita tahu bahwa insulin adalah hormon dimana sangat di perlukan untuk mengubah gula(glukosa), zat tepung dan lainnya menjadi energi pada tubuh kita. tanpa insulin jaringan tubuh tak daapat memanfaatkan glukosa sehingga terjadi penumpukan glukosa dalam tubuh. Hal inilah penyebab terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Setelah mengetahui tentang diabetes, tanda penyakit diabetes serta jenis-jenis diabetes, maka kita akan honkagaku akan memberikan informasi penyebab penyakit diabetes pada tubuh kita. Berikut beberapa faktor penyebab diabetes pada tubuh kita.

Penyebab penyakit diabetes

Faktor genetik

Penyebab penyakit diaber pertama adalah tidak hanya dari faktor makanan penyakit diabetes ini muncul, ternyata peran genitik dapat menjadi salah satu penyebab kita terkena penyakit diabetes. Apabila riwayat keluarga memiliki penyakit diabetes ada kemungkinan keturunan keluarga lain juga dapat terkena penyakit diabetes.

Faktor berat badan

Penyebab diabetes kedua datang pada berat tubuh kita. Dimana berat badan melebihi berat ideal atau biasa kita kenal dengan istilah orang gemuk juga dapat terkena penyakit diabetes, hal itu dikarenakan karena berat badan begitu besar atau gemuk membuat tubuh kita menampung lemak. Tentunya kita bahwa jika tubuh melebihi berat ideal akan menimbulkan berbagai penyakit dan salah satunya penyakit diabetes.

Faktor konsumsi makanan dan minuman

Penyebab diabetes ketiga adalah makanan dan minuman tentunya kita sudah banyak sekali mendengar anjuran untuk selalu mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, karena kemanjuan zaman tentunya produk-produk makanan baru seta minuman baru akan bermunculan.

Dimana setiap makanan atau minuman dikonsumsi setiap hari selalu ada komposisi glukosa, hampir selalu ada di setiap produk makanan dan minuman. Tentunya kita tahu betul jika glokuso tinggi terdapat pada tubuh akan mudah terkena penyakit diabetes.

Itulah seputar informasi singkat tentang penyakit diabetes, semoga menjadi informasi singkat bermanfaat. – NatBeauty