Kenali 5 Penyebab kantung mata

Apakah anda tahu, apa Penyebab kantung mata – kantung mata memang mengganggu penampilan apalagi jika disertai dengan lingkar mata, sehingga wajah terlihat tidak segar dan lesu. Masalah yang satu ini memang sering dihadapi oleh kebanyakan wanita.  kantung mata dapat diakibatkan oleh beberapa sebab, salah satunya faktor genetik. Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai penyebab kantung mata silahkan simak informasi berikut ini.

Penyebab kantung mata

5 Penyebab kantung mata

1.  Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan penyebab utama seseorang memiliki kantung mata. Sedangkan lingkarang hitam akan terlihat lebih jelas dan sering muncul pada orang yang memiliki kulit hitam. Hal ini bukan tanpa alasan melainkan karena terdapatnya kandungan melamin yang lebih banyak pada kulit mereka.

Selain itu juga katung mata timbul dikarenakan bentuk wajah,  penyakit kulit (co : eksim atopik ataupun penuan) dan struktur tulang. Ketika usia kulit semakin tua, maka secara bertahap juga kulit kehilangan kolagen  dan penyebabkan kulit darah halus terlihat lebih terlihat. Untuk mengetahui apakah kantung mata disebabkan faktor genetik atau penuan, cara berikut dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Caranya yaitu :

– Pencet atau tekan dengan lembut diarea bawah mata menggunakan ujung jari yang berfungsi untuk meregangkan kulit dan tahan sekitas 30 detik.

– Nah, jika diarea tersebut semakin gelap, maka hal ini membuktikan bahwa kantung mata disebabkan karena faktor genetik atau penuan.

– sedangkan jika warnanya tidak berubah, maka boleh jadi hal dikarenakan paparan sinar UV atau alergi.

– dan jika terjadinya perubahan warna yang berubah-ubah dan lingkar hitam tidak sepenuhnya hilang ketika melepaskan tangan dan terlihat lebih samar, maka hal ini dikarenakan mengalami kombunasi adanya kelebihan pigmen dan masalah pe,buluh darah.

2.  Faktor Alergi

Faktor ini dikarenakan oleh alergi musiman misalnya, alergi sari bunga, kosmetik makanan, debu dan lain-lain. Alergi ini dapat mengakibatkan terjadinya peradangan serta memperbesar pembuluh darah nadi kecil yang terlatak dibawah mata. Perlu anda ketahui pembuluh darah nadi yang terjadi peradangan menekan kulit disekitar mata yang tipis, sehingga warnanya menjadi lebih terlihat.

Awas, hindari mengucek mata jika terjadi rasa gatal dan iritasi, karen cara ini hanya akan menyakiti dan merusak pembuluh darah kapiler kecil. Maka hal inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan atau bengkak  serta perubahan warna. Sama halnya dengan menggaruk atau menggosoknya, justru cara ini dapat mengakibatkan sel penghasil melamin (melanocytes) yang dapat mempengaruhi pigmen disekitarnya.

3.  Penyakit Tertentu

Misalnya pilek, flu dan infeksi sinus merupakan jenis penyakit yang berkaitan dengan  saluran pernafasan dan secara tidak langsung dapat mengakibatkan penumpukan cairan yang terjadi dibawah mata, sehingga timbullah yang namanya kantung mata.

4.  Kurang Konsumsi Vitamin & Nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi dan vitamin dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh salah satunya terjadinya kantung mata. Vitamin berperan penting dalam membantu kerja kelenjar adrenalin. Ketika kelenjar tersebut mengalami kelelahan yang diakibatkan oleh oleh beberapa faktor seperti banyaknya pikiran (stres), konsumsi alkohol, gula dan kafein. Hal inilah yang menghambat  dan mengganggu penyerapan vitamin, sehingga dampak buruknya wajah terlihat bengkak dan kantung mata yang mulai terlihat.

Selain itu juga konsumsi makanan yang berlemak, karbohidrat, goreng-gorengan, garam yang berlebih dapat mengakibatkan tubuh kehilangan air dan mengakibatkan pembuluh darah dibawah kulit tampak terlihat lebih biru. Sangat disarangkan untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan segar agar nutrisi kulit terpenuhi.

5.  Faktor lain

Selain 4 faktor diatas kantung mata juga dapat disebabkan kerena tubuh kurang cairan (dehidrasi), kurang istirahat atau tidur, merokok, hormon, diet dan menangis.

Oke, itulah beberapa faktor penyebab kantung mata, semoga informasi diatas bermanfaat.

Sampai bertemu dalam artikel berikutnya jangan lupa dishare yaaa !!!!