Penyebab Bau Badan

Penyebab Bau Badan

Tahukah anda, apa penyebab bau badan? Pasti rasanya tidak nyaman sekaligus mengurangi rasa percaya diri, jika anda mengalami masalah dengan bau badan. Bau badan memang sangat mengganggu memang mempengaruhi aktifitas sehari hari terlebih jika anda orang yang aktif. Tapi tahukah anda apa penyebab bau badan ? nah jika anda belum mengetahui apa penyebab bau badan maka artikel berikut ini akan membahasnya, simak langsung yukkk !!!!

Penyebab Bau Badan

1. Kurangnya menjaga kebersihan tubuh– jika anda kurang atau malas untuk membersihkan badan maka jangan heran apabila bau badan anda memiliki bau tak sedap. Karena anda jarang mandi, menggunakan pakaian yang sama selama beberapa hari, menggunakan bahan baju yang kurang tepat dll. Tentu saja hal ini menyebabkan kuman dan bakteri yang berevolusi memecah protein pada keringat penyebab bau badan.

2. Makanan tertentu – ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat mengakibatkan bau badan seperti makana yang berbau tajam (petai, jengkol, bawang bombay, daun bawang dll), makanan pedas serta daging merah. Tidak hanya bau badan yang anda peroleh tetapi ketika anda buang air kecil atau besar dapat mengakibatkan bau yang tak sedap. Bau badan yang disebabkan karena daging merah. Hal ini karena daging merah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, lalu dipecah oleh amoniak sehingga keringat yang dikeluarkan melalui keringat memiliki bau tak sedap. Sedangkan jika anda mengkonsumsi makanan yang pedas, tentu saja hal ini dapat meningkatkan produksi keringat berlebih. Nah dengan bertambahnya produksi keringat bakteri memiliki kesepatan untuk memecah protein manjadi bau yang sangat mengganggu.

3. Bulu ketiak yang lebat – nah ini mungkin salah satunya penyebab bau badan yaitu bulu ketiak yang lebat. Hal ini bukan tanpa sebab, karena kelenjar apokrin memiliki fungsi untuk meminyaki rambut. Sehingga jadi semakin lebat bulu pada ketiak maka kelenjar apokrin tidak dapat menguap dan hanya menempel pada bulu ataupun rambut. Tentu saja hal ini menjadi kesempatan bakteri untuk tinggal lebih lama dan memecah protein yang terdapat dalam kelenjar apokrin.  Jadi jangan heran jika para pria memiliki bau badan yang lebih menyengat dari bau badan wanita, karena pria memiliki bulu yang lebih lebat.

4. Penyakit tertentu – penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebab bau badan yang kurang sedap. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan melainkan karena  gula darah yang tidak terkontrol dan mengakibatkan gejala ketoasidosis yang dapat mengakibatkan  aroma yang kurang sedap pada badan. Selain diabetes penyakit lain yang dapat mengakibatkan bau badan yaitu penyakit lever, hal ini dikarenakan tubuh tidak mempu untuk mengeluarkan toksin.

Demikianlah warta sederhana yang membahas tentang penyebab bau badan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Jangan lupa bantu share pula yaa ke teman sahabat yang lainnya pula !!!