Ternyata Inilah Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok – Rambut rontok ohh tidakkkk !!! mungkin tidak sedikit orang yang mengalami kerontokan, termasuk saya juga pernah mengalami hal serupa. Sedikit berbagi pengalaman kerontokan merupakan hal yang sangat mengerikan dan kadang membuat kita stress. Akan tetapi, stress justru merupakan salah satu penyebab rambut rontok.

Kerontokan pada umumnya merupakan hal yang biasa terjadi, akan tetapi patut untuk kita waspadai jika kerontokan sudah dalam jumlah yang banyak dan terus menerus. Hal ini jika dibiarkan dapat menyebabkan kebotakan. Ketahui sejak dini penyebab kerontokan agar anda dapat dengan tepat menanganinya. Kerontokan dapat disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal, apa sajakah itu ??? berikut uraiannya …

Penyebab rambut rontok !!!

Penyebab rambut rontok

1. Faktor Eksternal

  • Tataan Gaya Rambut

Sering berganti-ganti gaya atau model rambut dapat menyebabkan kerontokan. Hal ini bukan tanpa alasan, karen ada beberapa gaya rambut yang dapat mempengaruhi terjadinya masalah pada rambut. Akar rambut yang sering tertarik lama kelama akan menjadi mudah patah, rapuh dan rontok.

  • Pemakaian Bahan Kimia

Perlu anda pertimbangkan dan periksa dengan teliti jika akan menggunakan bahan yang akan diaplikasikan pada rambut. Beberapa alat atau bahan untuk rambut menggunakan bahan kimi yang berbahaya. Sebaiknya hindari untuk melakukan pewarnan rambut, rebonding atau catok secara berlebihan. Karena itu semua dapat menyebabkan kerusakan pada rambut seperti rambut bercabang, rapuh,  merah, mudah patah dan rontok.

  • Awas Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan zat racun yang dapat mempengaruhi dan mempercepat proses penuaan dini lebih cepat. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan rambut, sehingga kulit akan mudah (keriput, timbul bintik-bintik hitam pada wajah dan timbul masalah pada rambut). Radikan bebas berasal dari asap kendaran, polusi-polusi udara yang tercemar serta asap-asap beracun lainnya.

2. Faktor Internal

  • Faktor Keturunan Atau Gen

faktor keturunakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi rambut anda menjadi rontok. Contoh : jika orang tua anda atau keturunan (gen) sebelumnya mengalami riwayat kerontokan, maka keturunan berikutnya memiliki resiko lebih tinggi terhadap kerontokan. Hal ini biasanya akan diketahui jika memeriksakannya pada dokter kulit.

  • Disebabkan Hormon

Ketidak seimbangan hormon didalam tubuh dapat menyebabkan  kerontokan. Hal ini biasanya menimpa pada ibu hamil, kondisi ini akan membuat  rambut menjadi rontok atau rontok yang cukup parah.

  • Banyak Pikiran (Stress)

Pada kondisi atau saat tingkat emosi sulit untuk dihindari karena banyaknya pikiran (stress), sehingga menyebabkan sirkulasi peredaran darah tersumbat dan inilah yang menjadikan salah satu penyebab terjadinya rambut rontok.

  • Terakhir adalah Faktor Penyakit

Pada penyakit tertentu ada beberapa sebab yang mempengaruhi suatu hormon atau sel yang menjadi penyebab terjadinya kerontokan. Sebagai contoh : penyakit lupus, kanker dan diaebetes.

Oke !! sampai disini dulu yaa pembahasan mengenai Penyebab Rambut Rontok. semoga informasi diatas dapat bermanfaat, sehingga anda dapat menghindari faktor tersebut.