Ternyata Para Dokter Kulit Satu Pendapat, Loofah Sebagai Pembersih Tubuh

Loofah adalah sebuah alat penggosok tubuh dimana alat tersebut dari berbagai bahan salah satunya bahan berserat.

Perlu di ketahui bahwa bahan berserat pada loofah memiliki fungsi sebagai pembersih kotoran serta kulit-kulit mati pada tubuh kita loh?. Semua sel kulit-kulit mati serta kotoran pada tubuh akan terbersihkan oleh loffah ini!.

para ahli setuju untuk tidak menggunakan loofah untuk pembersih tubuh

Tapi perlu di ketahui juga semua hasil perbersihan tersebut akan terperangkap pada bahan tenunan halus tersebut, pada ketika menjadi basah serta tidak mengering secara benar. Organisme terperangkap tadi akan tumbuh dan terus tumbuh.

Pendapat beberapa ahli kesehatan

“Anda menyebarkan bakteri yang Anda bersihkan dari tubuh Anda terakhir kali,” Dr. Michele Green, MD, ahli dermatologi bersertifikat papan yang berbasis di New York, mengatakan kepada HuffPost . “Loofah menyebarkan kotoran kemarin ke tubuhmu.”

Bukan hanya dugaan saja, pada study di tahun 1994 telah diterbitkan oleh Journal of Clinical Microbiology bahwa terdapat penemuan terkait loofah. Ternyata dapat menularan spesies bakteri dimana dapat menyebabkan infeksi. Akan sangat berbahaya bagi diri kita apabila jika memiliki kekebalan tubuh begitu lemah.

Bahkan seorang dokter Joel Schlessinger, MD, dokter kulit bersertifikat lainnya pun memberikan saran untuk tidak menggunakan loofah untuk membersihkan tubuh kita. “Saya tidak akan merekomendasikan menggunakan embusan atau loofah,” kata Schlessinger kepada Reader’s Digest . “Spon Loofah intim dengan banyak area tubuh yang tidak bersih dan kemudian duduk-duduk membiarkan bakteri berkembang biak di dalam celah dan celah spons.”

Kesimpulan

Tentunya kita mengetahui bahwa untuk membersihkan kotoran pada tubuh kita begitu banyak macam alat pembersih tubuh, alangkah baiknya untuk alat pembersih kita sebaiknya menggunakan alat yang tepat. Terkadang tampilan dari loofah ini selalu bisa untuk menggoda kita untuk memilihnya.

Tapi tentunya tampailan bagus belum tentu memberikan sesuatu bagus pula bukan, Memilih loofah sebagai alat pembersih tentunya bukan pilihan buruk bagi kita dimana kurang dalam informasi kesehatan. Begitu kita mengetahui informasi tentang loofah ini sekarang tentunya sudah mengerti bukan!.

Bahwa menggunakan loofah secara otomatis akan memberikan sebuah tempat (rumah) untuk bakteri berkembang biar.

Tips untuk menjaga loffah terhindar dari tempat perkembang biakan bakteri adalah pada setiap selesai menggunakan loofah. Cuci bersih dan gantung di tempat dimana memiliki siklus udara baik hal itu berguna untuk mengeringkan loofah secara baik, apabila sudah berubah warna dan sudah tercium aroma tak sedap untuk tidak menggunakannya lagi dan ganti dengan loofah baru.- NatBeauty