Tips Cara mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah Secara Alami

Tips Cara mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah Secara Alami

Tips Cara mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah Secara Alami- Apakah anda memiliki masalah dengan bibir kering pecah-pecah? Jika ya, teruskan membacar artikel ini. Bibir merupakan salah bagian wajah yang sering menarik perhatian. Mempunyai bibir yang sehat, lembut serta merah merona merupakan impian banyak orang terutama kaum wanita. Bagian tubuh yang satu ini merupakan area yang sering jadi pusat perhatian apalagi ketika seseorang sedang berbicara. Akan tetapi, kerap terjadi masalah yang menimpa bagian tubuh yang satu ini, salah satu contoh yaitu bibir kering pecah-pecah. Masalah yang melanda bibir ini sering kali membuat anda tidak nyaman dan menggannggu penampilan anda, sehingga rasa percaya diri anda berkurang. Melihat hal ini menimpa anda tentu anda tidak akan diam melihat hal ini terjadi dan pastinya akan segera mencari solusi untuk permasalah ini.

Nah sebelum mengetahui solusinya , sebaiknya kenali terlebih dahulu faktor yang menyebabkan bibir kering. Seperti diantaranya faktor akibat paparan sinar matahari berlebih, kebiasan untuk menjilat bibir, faktor cuaca atau udara yang terlalu kering serat faktor dehidrasi. Kulit pada bibir berbeda dengan kulit dibagian lainnya, karena kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Oleh karena itu, kulit bibir mudah sekali kering bahkan sampai pecah-pecah dan berdarah.

Tips Cara mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah Secara Alami

Berikut ini beberapa cara mengatasi bibir kering pecah-pecah, sebagai berikut :

1. Penuhi Kebutuhan Akan Nutrisi

Kurangnya asupan vitamin B, zat besi dan asama lemak esensial  dapat menyebabkan bibir kering pecah-pecah. Cara mudah saja konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung nutrisi tersebut. selain itu juga, anda dapat mengkonsumsu suplemen multivitamin atau mineral untuk memenuhi kebutahannya. Namun sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau orang yang pahan dibidangnya.

2. Cukupi Cairan Untuk Tubuh

Kurangnya cairan atau dehidrasi  merupakan salah satu faktor yang dapat membuat kulit bibir anda kering. Nah, oleh sebab itu penuhi selalu tubuh akan caiaran. Konsumsi minimal 8 gelas atau 2 liter air putih setiapa harinya, intensitas tersebut dapat ditingkat apalagi jika anda sering berkeringat dan saat cuaca panas.

3. Awas Hindari Untuk Menjilat Bibir

Perlu anda ketahui banyak orang mengira dengan membasahi bibir dengan air liur dapat melembabkan  bibir kering. Pada kenyatanya hal ini , justru akan membuat keadaan bibir anda terlihat lebih kering dari kondisi semula. Hal ini karena, air liur akan menguap secara cepat dan akan meninggalkan kondisi bibir lebih kering dan disetai pecah-pecah.

4. Jangan Menggigit Bibir

Sebaiknya hindari kebiasan anda untuk menggigit bibir, karena hal ini dapat menyebabkan dampak yang kurang baik pada bibir. Sebagai contoh bibir akan trauman, sehingga dapat merusak jaringan atau lapisan pelindungnya. Akibat dari itu semua bibir akan mudah sekali menjadi kering dan bahkan sampai luka.

5. Hindari Terlalu Sering Bernafas Lewat Mulut

Ternyata dengan  bernafas melalui mulut dapat menyebabkan bibir menjadi mudah kering, bahkan yang lebih parahnya lagi kondisi bibir akan mudah menjadi pecah-pecah serta menimbulkan celah merah.

6. Perbanyak Konsumsi Buah, Sayur dan Biji-bijian

Buah dan sayur memiliki senyawa aktif atau zak kimia yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, salah satunya agar bibir senantiasa selalu lembab dan terjaga kesehataannya. Lengkapi menu harian anda dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah segar setiap harinya.

7. Pilihlah Jenis Lipstik  yang Aman

Sebaiknya pilih jenis lipstik yang mengandung bahan alami tanpa menggunakan bahan atau zat kimia berbahaya. Penggunaan lipstik harus benar-benar selektif, karena beberapa wanita mungkin memiliki jenis kulit bibir yang sensitif. Hal ini dapat menjadi faktor yang dapat merusak kelembapannya dan menjadikannya kering dan pecah-pecah. Hentikan pemakaian jika terjadi iritasi seperti terasa panas, perih. Pilihlah lipstik yang memiliki izin terdaptar.

8. Gunakan Lip Balm

Lip balm merupakan salah satu alternatif yang dapat melindungi bibir anda saat cuaca panas. Disampaing dapat menjaga dan mencegah kerusakan, penggunaan lip balm juga dapat mengatasi  bibir kering dan pecah-pecah.

9. Oleskan Madu

Madu merupakan salah satu bahan dan cara alami yang mampu mengatasi permasalah seperti bibir kering disertai pecah-pecah. Caranya cukup mudah anda hanya cukup mengoleskan madu pada bibir sehari 3 kali dan menjelang tidur, dan lakukan secara teratur. Disamping dapat melembapkan, madu juga dapa membuat warna bibir anda menjadi merah alami. Madu mempunyai sifat antibakteri yang berperan dalam menghilangkan kuman dan bakteri penyebab masalah pada bibir.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, informasi ini hanya sekedar untuk menambah pengetahuan anda. Jika anda akan memanfaatkannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai tips cara mengatasi Bibir Pecah-Pecah secara alami. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.