Tips Dan Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kulit Wajah

Tips dan manfaat daun sirih merah untuk kulit wajah – Tidak sedikit orang yang mengetahui khasiat dan manfaat dari daun sirih? Sudah sejak lama tanaman yang satu digunakan untuk obat tradisional yang baik bagi kesehatan ataupun kecantikan. besar manfaat dari tanaman yang satu ini, hal ini terbukti dari berbagai banyak produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan bahan aktif dari daun sirih merah.

Tips Dan Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kulit Wajah

Tips Dan Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kulit Wajah

Daun sirih merah atau disebut juga piper crocatum memang memiliki segudang manfaat. Kandungan yang terdapat pada daun sirih merah memang sangat beragam sepertiĀ  mengandung flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak astsiri, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugonol, propoda, terpenana, kadimen, coryofelen, cineole, ekstragol dan p-cymene.

Kandungan senyawa aktif flavonoid dan polifenol memiliki fungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi dan antibacterial. Sedangkan kandungan senyawa aktif alkaloid berperan penting untuk menghambat sel sel kanker. Dibalik manfaatnya yang besar untuk kesehatan, ternyata daun sirih juga sangat baik digunakan untuk perawatan kecantikan seperti kecantikan wajah yang akan saya bahas dibawah ini.

Berikut ini merupakan beberapa tips dan manfaat daun sirih merah untuk kulit wajah, diantaranya yaitu :

1. Membersihkan kulit wajah

Daun sirih merah ini dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajah anda dari kotoran dan mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan tampak lebih bersih dan sehat.

Caranya yaitu, siapkan beberapa daun sirih merah yang tua tetapi memiliki daun yang bagus dan segar. Setelah itu daun sirih di sobek-sobek terlebih dahulu lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, lalu diamkan air hingga dingin dan kemudian gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci muka.

2. Menghilangkan jerawat

Kandungan antioksidan dan antibakteri yang terkandung didalam daun sirih merah dapat bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Caranya yaitu, siapkan 5-7 lembar daun sirih merah tua yang segar, lalu cuci hingga bersih dan rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Setelah itu, gunakan air rebusan daun sirih tersebut dengan cara mengompreskannya pada kulit wajah. Kondisi airnya jangan sampai terlalu dingin dan juga terlalu panas, tujuannya agar bakteri dan kuman yang terdapat pada kulit wajah mati. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka sebaiknya lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

3. Menghaluskan kulit wajah yang kasar

Selain dapat mengatasi dan menghilangkan jerawat, cara diatas juga dapat mengatasi kulit wajah yang kasar. Sehingga kulit wajah anda akan terasa lebih halus dan lembut jika cara ini dilakukan secara rutin dan teratur.

4. Mengatasi komedo

Caranya yaitu : rebus 6 lembar daun sirih merah dengan 1 gelas air bersih, hingga mendidih. Setelah itu, buang daun sirihnya dan dinginkan air rebusan tersebut kedalam lemari es hingga dingin dan jangan sampai beku. Kemudian gunakan air es tersebut untuk membersihkan muka dengan menggunakan kapas. Lakukan secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

NB:

Sebaiknya sebelum anda menggunakan cara alami ini lakukan pemeriksaan terlebih dahulu, karena tidak dianjurkan bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Dan jika dalam 3 hari pemakaian kulit anda terasa panas dan merah, maka sebaiknya pemakaian dihentikan.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai tips dan manfaat daun sirih merah untuk kulit wajah, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa.