Yakin Air yang Anda Minum Aman buat Anda dan Keluarga Anda?

Yakin Air yang Anda Minum Aman buat Anda dan Keluarga Anda?

Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat menyebabkan penggunaan air semakin tinggi. Kebutuhan terhadap kuantitas juga kualitas air pun turut meningkat. Air yang tercemar menimbulkan berbagai macam penyakit, tak menutup kemungkinan menjadi penyebab kematian. Tiap tahunnya sebanyak 1,7 juta anak tewas akibat diare yang disebabkan karena lingkungan yang tidak sehat, terutama karena air yang tercemar.

Penyediaan air bersih di Indonesia dijamin dalam Pasal 33 UUD 1945 ayat (3) yang berbunyi “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. Lebih lanjut lagi, kebijakan tersebut dipertegas dalam UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa pemenuhan air bersih bagi masyarakat merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah sebagai bagian dari pelayanan publik yang harus mereka lakukan.

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya peningkatan rumah tangga yang memiliki akses terhadap sumber air minum layak di Indonesia. Pada 2012 hanya 65,05 persen rumah tangga memiliki akses terhadap sumber air minum layak. Pada 2014, sebanyak 68,11 persen rumah tangga punya akses tersebut. Angka ini naik lagi di 2017 menjadi 72,04 persen. Namun, tidak ada provinsi yang memiliki akses terhadap sumber air minum layak hingga 100 persen.

Rendahnya akses terhadap air bersih dikarenakan permasalahan dalam penyelenggaraan air minum dan sanitasi. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk mengadakan perilaku hidup bersih dan sehat juga masih rendah. Sehingga air bersih layak konsumsi pun makin sulit diperoleh. Selain itu, kualitas air tanah ataupun sungai kurang memenuhi syarat sebagai air minum yang sehat, bahkan tidak layak minum di beberapa daerah.

Alternatif penyediaan air minum juga dilakukan dengan menyediakan Sumur dari resapan air tanah. Namun, yang jadi pertanyaan. Yakin, apakah air sumur juga aman untuk diminum???

Jujur, kalo saya sendiri tidak yakin..  Kenapa saya nggak yakin soal kelayakan air zaman sekarang, entah itu yang bersumber dari air tanah maupun air PAM? Contoh nyata yang kita temui sehari-hari saja. Ada berbagai sampah anorganik, yang nggak bisa diurai oleh tanah. Yang sebenarnya berasal dari “dosa-dosa” kita juga. Contohnya plastik, kaleng, styrofoam, baterai, dan lain-lain. Dimana pada saat hujan turun, resapan air hujan akan membawa zat-zat berbahaya yang berasal dari sampah anorganik ini yang akhirnya mencemari air tanah.

Tak heran bila tren sumber air minum rumah tangga Indonesia pun bergeser ke air dalam kemasan. Pada 2000 hanya 0,86 persen rumah tangga yang menggunakan air dalam kemasan sebagai sumber air minum. Proporsi ini semakin meningkat tajam sejak tahun 2012.

Hampir semua aktivitas manusia membutuhkan air, kebutuhannya adalah sebuah kemutlakan. Air juga hak hidup setiap orang yang dilindungi undang-undang yang harus dipenuhi. Di samping itu, memburuknya mutu air, akan memperbesar biaya yang harus dikeluarkan dalam memperoleh sumber air bersih dan layak untuk dikonsumsi. Tak hanya pemerintah, masyarakat juga harus menjaga kebersihan sumber air agar tidak tercemar.

Alternatif penyediaan air bersih, terutama air siap minum ini juga ternyata menjadi pemikiran para pengusaha untuk terus berinovasi. Selain mereka menyiapkan air kemasan siap minum, beberapa perusahaan juga menyiapkan mesin/alat yang bermanfaat merubah air yang biasa menjadi air siap minum.

Beragam Produk Filter Air telah beredar di Indonesia, beberapa produk tersebut memiliki keunggulan masing-masing, baik secara harga maupun secara kualitas. Bijaklah dalam memilih. Pastikan membelinya melalui Agen atau Distributor Resmi, dengan pertimbangan kemudahan konsultasi dan hal-hal lainnya yang berkenaan dengan produknya. Ada baiknya, bisa bertanya-tanya dulu mengenai kegunaan, keunggulan, maupun hal lain sebelum Anda membelinya.

Berikut beberapa pilihan produk Filter Air atau biasa disebut Waterpurifier yang bisa Anda dapatkan atau beli di Indonesia :

  • ECOSPHERE

ECOSPHERE WATER PURIFIER, didesain bagi pemerhati kesehatan yang sangat perduli untuk menciptakan tempat tinggal yang bersih dan aman bagi kesejahteraan keluarga mereka. Dikembangkan dengan teknologi inovatif dan bahan berkualitas tinggi, lindungi kesehatan Anda dan keluarga dengan air yang sehat dan aman, bebas dari racun, kontaminan dan patogen.

Latar Belakang pemikian tentang produk ini karena, mungkin selama ini Anda berpikir bahwa air keran aman diminum setelah direbus. Faktanya, meskipun merebus air dapat menghilangkan kontaminan mikrobiologis seperti bakteri dan virus, namun pencemar lainnya mungkin masih ada seperti Timbal; Tembaga Arsenic , Pestisida; Pupuk, Bahan Bakar;Air Pembuangan, Karat.

Bagaimana cara EcoSphere Water Purifier bekerja?

EcoSphere Water Purifier hadir untuk memperbaiki kualitas air. Menghilangkan dan membersihkan semua kontaminan pada air keran Anda untuk memastikan air yang Anda minum bersih dan aman untuk melindungi Anda dan keluarga. Tempat tinggal yang lebih sehat menanti Anda!

Beberapa Keunggulan Ecospehere

Pemasangan yang mudah di atas meja dapur Anda, tanpa perlu modifikasi ekstra pada disain penampung air Anda! Dengan Desain tabung yang ramping, simpel dan minimalis, Kapasitas air besar (5 liter) dibangun dengan bahan berkualitas unggul, tidak membutuhkan tempat luas, penampangnya bahkan lebih kecil dari ukuran kertas A5, sehingga sangat sesuai dengan dapur Anda.

Anda tidak perlu angkat-angkat galon lagi, tinggal pencet tombol dan fresh air keluar. Tentang Sertifikasi, Ecosphere juga sudah tersertifikasi HALAL.

Teknologinya menggunakan 4 (empat) terobosan dalam 1 (satu) Inovasi. Dimana EcoSphere Water Purifier didukung oleh teknologi pemurnian ultra dengan 4 tahapan cerdas yang menghilangkan 99,9999% bakteri dan menyaring noda berbahaya dari air keran Anda.

  1. Tahapan Pertama, POLYPROPYLENE PLEATED PREFILTRATION (Menyaring sebagian besar partikel seperti debu, pasir, dan endapan)
  2. Tahapan Kedua, COMPRESSED ACTIVATED CARBON BLOCK (Menyaring kontaminasi organik, bahan kimia, klorin, timbal)
  3. Tahapan Ketiga, POLYETHER SULFONE MEMBRANE (Menyaring kontaminan mikroba, dan bakteri yang biasa terdapat di dalam air)
  4. Tahapan Keempat, COLD CATHODE LAMP UV LIGHT (Efektif mematikan mikroba dan bakteri yang biasa terdapat di dalam air)

Produk : Ecosphere Waterpurufier

Perusahaan Global : Nu Skin Enterprises Inc (web : nuskin.com)

Perusahaan Indonesia : PT Nu Skin Indonesia – Nusa Selaras Indonesia (web : https://www.nuskin.com/content/nuskin/en_ID/home.html

Informasi lebih lanjut mengenai produk ini, bisa menghubungi ke Agen/Distributor terdekat dikota Anda, atau berkunjung ke SINI

  • KUSATSU

Kusatsu Water Purifier adalah salah satu produk penjernih & Pemurni air dengan tekhnologi terbaru yang di hadirkan di Indonesia oleh PT. Indotara Persada. Kusatsu Water Purifier telah menggunakan membrane sheet ‘TORAY’ made in Japan yang diclaim sebagai salah satu Membrane sheet terbaik di dunia, dengan teknologi yang tinggi, desain yang elegant, serta harga yang ekonomis, Kusatsu water Purifier mampu memberikan solusi atas masalah air anda.

Kusatsu Water Purifier adalah produk yang bisa memberikan solusi mendapatkan air yang bersih, murni serta terbebas dari segala bentuk zat dan bakteri yang terkandung dalam air, Kusatsu Water Purifier menggunakan membrane sheet ‘TORAY’ made in JAPAN untuk hasil pemurnian air yang maksimal dan layak konsumsi.

Selain menyediakan produk yang berhubungan dengan pengelolaan air, PT. Indotara Persada adalah perusahaan yang saat ini menjadi salah satu distributor produk-produk pendukung bisnis yang sangat berkembang di Indonesia, dengan pengalaman yang sangat matang dalam bisnis produk-produk kebutuhan industri bisnis, PT. Indotara persada selau fokus terhadap kualitas dengan tujuan memberikan pelayan terbaik untuk semua pelanggan.

Produk : Kusatsu Waterpurifief

Perusahaan Distributor : PT. Indontara Persada (website; https://www.indotara.co.id/)

Informasi lebih lanjut mengenai produk ini, bisa langsung berkunjung ke alamat website diatas.

  • NAZAVA

Filter air minum Nazava merupakan rangkaian produk saringan air yang diciptakan oleh Guido van Hofwegen dan Lieselotte Heederik. Berawal sebagai relawan pasca Tsunami di Aceh, ketika itu kebutuhan akan air bersih dan air minum sangat memprihatinkan.  Sehingga, ide untuk membuat filter air pun tercetus dalam rangka mengatasi masalah kelangkaan air minum ketika itu.

Filter air minum Nazava adalah solusi untuk mendapatkan air minum yang layak dan 100% aman dirumah anda. Setelah proses filter air Nazava, air PDAM, air sumur, bahkan air hujan dapat diminum langsung, tanpa perlu direbus terlebih dahulu dan tanpa menggunakan listrik sehingga jauh lebih hemat dari membeli air kemasan galon maupun memasak air. Filter air Nazava sangat terjangkau, dan amat mudah untuk digunakan.

Cara kerja filter air Nazava terdiri dari  tiga langka : 1) penyaringan bakteri dan kotoran terdiri dari keramik  2) pembunuhan kuman oleh perak  3) memperbaiki rasa oleh karbon aktif.

Menggunakan Nazava itu sangat mudah. Cukup TTM-an aja. (Tuang, Tunggu, Minum) …

Tuang; ambil air menggunakan gayung lalu masukkan pada wadah Nazava dari bagian atas. Jangan lupa, dibuka dulu penutup wadahnya. Dan setelah selesai menuang, jangan lupa lagi ditutup kembali wadahnya tersebut.

Tunggu; beberapa saat setelah air dituang, air akan tersaring dan menetes ke wadah bagian bawah. Wadah bagian bawah ini terbuat dari plastik food grade dengan tutup yang kedap udara. Sehingga, air tidak akan terkontaminasi lagi dan akan tetap segar.

Minum; jika air yang telah tersaring dirasa cukup, ambil gelas dan tuang airnya lalu diminum.

Produk : Nazava Water Filters
Perusahaan : PT Holland for Water

Informasi Nazava Distributor Indonesia, ke alamat website  : https://www.nazava.com/

  • KANGEN WATER

PT Enagic Indonesia adalah perusahaan penanaman modal asing yang memiliki bidang usaha penjualan langsung melalui jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh mitra usahanya untuk produk berupa mesin-mesin elektrolisis pemurnian air, termasuk aksesoris dan perlengkapannya yang terkenal dengan nama ‘Kangen Water’.

Kangen water adalah air alkali yang dihasilkan dari mesin purifikasi air yang diperdagangkan PT Enagic Indonesia. Air tersebut diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membersihkan racun dari dalam tubuh.

Pada 10 November 2017, Kementerian Kesehatan RI pun melakukan pemeriksaan produk mesin purifikasi air ini, yang kemudian disusul dengan dengan permintaan agar PT EI diminta segera menarik semua brosur yang mengklaim produknya telah diakui negara dan merupakan alat medis, serta yang memuat klaim produk tersebut dapat menyehatkan dan/atau menyembuhkan.

Besok harinya PT Enagic Indonesia merespons keputusan pemerintah tersebut. Mereka meminta maaf kepada seluruh masyarakat terkait kesalahan informasi tentang produk mereka yang kadung tersebar melalui brosur.

Meskipun sempat terkait dengan persoalan overclaim tersebut,  ada beberapa studi yang menunjukkan, air alkali kemungkinan memang bisa membantu beberapa kondisi tertentu. Semisal, studi yang dilakukan pada 2012 menemukan, minum air alkali dengan pH 8,8 bisa membantu menonaktifkan pepsin, enzim utama yang menyebabkan refluks asam.

Sementara itu studi lain juga menyebutkan, minum air alkali kemungkinan bermanfaat bagi individu yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, serta kolesterol tinggi. Kemudian studi terbaru yang melibatkan 100 individu menemukan adanya perbedaan signifikan pada keseluruhan kekentalan darah setelah mengonsumsi air dengan pH tinggi dibandingkan air biasa usai olahraga berat.

Kekentalan darah individu yang minum air dengan pH tinggi berkurang hingga 6,3 persen dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi air biasa dipurifikasi standar, yakni hanya 3,36 persen. Ini artinya darah mengalir lebih lancar dengan air alkali sehingga oksigen yang dikirim ke seluruh tubuh meningkat.

Hasil-hasil studi tersebut tampak menjanjikan, namun diperlukan riset yang lebih besar dan menyeluruh untuk bisa membuktikan manfaatnya.

Terlepas dari kurangnya bukti berdasarkan riset ilmiah, mengonsumsi air alkali seperti kangen water masih dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti:

  • Membantu mengurangi penuaan (anti-aging)
  • Membersihkan usus besar
  • Meningkatkan sistem imun
  • Baik untuk menghidrasi, untuk kesehatan kulit serta membantu proses detoks
  • Menurunkan berat badan
  • Resisten kanker

Produk : Kangen Water

Perusahaan :  PT Enagic Indonesia

Informasi lebih lanjut mengenai produk ini, bisa langsung menghubungi Distributor/Agen Resmi terdekat dikota Anda.

Selain produk-produk diatas, masih ada beberapa produk yang tidak kami bahas disini, mengingat produk-produk tersebut diproduksi oleh beberapa perusahaan besar, seperti dari Unilever, Sharp, Pansonic, Alkatech, dan yang lainnya, yang mana iklan-iklan nya mungkin sering kita liat di beberapa media Televisi.

Demikian sedikit sharing dari kami. Semoga bermanfaat serta bisa menjadi sedikit referensi buat para sahabat yang berniat membeli produk filter air/waterpurifier. Sekali lagi kami berpesan, khusus beberapa produk yg memang hanya dijual secara ekslusif, pastikan membelinya langsung melalui Agen/Distributor Resmi dari perusahaan bersangkutan.

Salam sehat selalu buat sahabat dan keluarga…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.